Tuesday, July 2, 2013

INTERACTIVE SYSTEM




Kelompok 10
Nama Anggota : 1. Dedy Triwan Putra (51410758)
                          2. Meida Listyaningrum (54410319)
                          3. Ridwan Farizki ( 55410917)
Kelas : 3IA13

Assalamualaikum..
Pada pertemuan kali ini ane akan membahas tentang "INTERACTIVE SYSTEM" yang merupakan tugas ketiga dari matakuliah Pengantar Teknologi Game. Berikut jawaban menurut kelompok ane melalui beberapa sumber. Silahkan dilihat dan dibaca ya :)

1.Interactive Entertainment
Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment!
Interactive Entertainment mengacu pada usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan (atau hasilnya) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui umpan balik langsung (feedback). Konsep Interactive Entertainment ini yaitu bagaimana cara seseorang memberikan informasi-informasi berupa kombinasi berupa teks, gambar biasa, gambar bergerak (animasi), ataupun video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan informasi-informasi.  
 interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya. 

2. Interactive Programs
Hal-hal penting yang harus diperhatika dari Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya. Jelaskan peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Interctive Programming merupakan sebuah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya

Hal penting yang harus diperhatikandari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.

3. Salah satu pendukung interactive system adalah GUI/Graphical User Interface.
Apa fungsi GUI?
Fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
a. Pointing device dengan berupa mouse 
b. Sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/software 
c. Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet, sound, graphic, dan lain-lain 
d. Digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
e. Pembuatan website 
f. Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya

4.Jelaskan, sebutkan, dan berikan gambar komponen-komponen GUI!
Label
label berfungsi untuk menuliskan sesuatu di frame yang kita buat, nama default Jlabel
 

Button
Button digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah, jika button di pencet maka proses akan berjalan, nama default JButton



Text Field
Text Field marupakan salah satu cara untuk  mengisikan suatu inputan dalam program, nama default JTextfield
 












Text Area
Text Area biasanya digunakan untuk menampilkan hasil output dari program, nama default JTextarea.





Combo box
Combo Box merupakan salah satu cara inputan juga. jika combo box di pencet, maka akan keluar berbagai pilihan untuk di proses, nama default JCombobox.










Radio button
Radio button juga salah satu cara inputan dalam program, tetapi dalam penggunaannya berbeda dengan combo box, radio button digunakan jika pilihan yang di sediakan sedikit, maka akan lebih efektif jika menggunakan radio button, berbeda dengan combo box yang hjerus click 2 kali untuk memilih, radio button cukup sekali pilihan, dan hanya boleh satu pilihan yang di pilih, maka digunakan radio button group agar hanya satu yang bisa di pilih, nama default JRadiobutton.
 


Check box
Check box juga merupakan salah satu cara inputan, mirip dengan radio button, tetapi check box memperbolehkan user untuk memilih lebih dari satu pilihan, jadi check box di gunakan untuk menjawab petanyaan yang memperbolehkan lebih dari satu jawaban, nama defaultnya jCheckbox.
 


5.  Event merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan. Sebutkan macam-macam event untuk komponen GUI (minimal 5)!
a. Event Model 
Interaksi antara user dan komponen GUI 
Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user 
Bagian-bagian penting: 
event source 
event listener / Handler 

 b. Event Object 
Objek yang terbentuk saat terjadi event 
Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. 
Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. 
Direpresentasikan oleh class Event  

c. Event Source 
Event Source adalah komponen yang mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap oleh Event Listener. Event Source dapat dibedakan dari penamaan komponen itu sendiri, misalnya tombolSimpan, tombolHapus, dll. Dengan adanya penamaan event source ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi dari mana Event Listener tersebut berasal. 

 d.Event Listener 
Event Listener digunakan untuk menangkap event yang terjadi pada komponen/ Event Source. Berikut beberapa listener yang biasa digunakan dalam mendeteksi event : 
• ActionListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang digunakan. Misalnya akibat penekanan tombol mouse atau keyboard. 
• AdjustmentListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya akibat dari penggeseran scrollbar. 
•  FocusListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status akibat focus berada pada objek tertentu. Misalnya kursor berada pada textfield. 
• ItemListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada pilihan yang terdapat pada objek tertentu. Misalnya pemilihan pada checkbox atau radio button. 
• KeyListener berfungsi untuk menangani reaksi dari keyboard. Misalnya penekanan tombol Ctrl, Alt, dll. 
• MouseListener berfungsi untuk menangani reaksi dari penekanan tombol pada mouse. 
• MouseMotionListener berfungsi untuk menangani reaksi akibat mouse digerakkan, misalnya melewati lokasi komponen tertentu. 
• MouseWheelListener berfungsi untuk menangani reaksi event scroll pada mouse. 
• TextListener berfungsi untuk menangani event pada text. 
• WindowListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan jendela akibat ukuran diperbesar, dikecilkan, dipindah maupun ditutup. 
• WindowFocusListener berfungsi untuk menangani reaksi pada jendela. 
• WindowStatelListener berfungsi untuk menangani status event jendela. 

 e. Event Handler 
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler 

6.  Jelaskan mengenai event dalam konsep Structure Interactive Program!
Mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.

 Sumber :



Tabel Kinerja :

NPM
Nama
Kinerja
51410758
Dedy Triwan Putra
Mengerjakan 1 dan 2
54410319
Meida Listyaningrum
Mengerjakan nomer 5 dan 6
55410917
Ridwan Farizki
Mengerjakan nomer 3 dan 4









0 comments:

Post a Comment